Home / berita / BEI Kaji Waktu Penghitungan Penutupan IHSG Menjadi Pukul 15.50 WIB, Kenapa?

BEI Kaji Waktu Penghitungan Penutupan IHSG Menjadi Pukul 15.50 WIB, Kenapa?


Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang melakukan kajian waktu penghitungan penutupan indeks harga saham gabungan (IHSG) menjadi pukul 15.50 WIB dari sebelumnya 16.00 WIB. “Masih proses sistem, semoga dalam dua minggu bisa selesai,” ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Selama ini, ia mengemukakan bahwa tata cara penghitungan IHSG berakhir setelah sesi pra-penutupan, yakni pada pukul 16.00 WIB. Sesi pra-penutupan terjadi pada pukul 15.50-16.00 WIB, di mana investor dapat memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli. Kemudian sistem melakukan proses pembentukan harga penutupan IHSG.

“Pada sesi pra-penutupan, masing-masing investor sudah tidak bisa lagi melihat transaksi permintaan dan penawaran, artinya perdagangannya tertutup tetapi masih bisa mempengaruhi indeks BEI. Nah, kita mau buat lebih transparan sehingga investor tahu naik-turunnya IHSG karena saham apa dan broker (perusahaan sekuritas)-nya,” paparnya.

Sebelumnya, Direktur Perdagangan dan Anggota BEI Alpino Kianjaya mengatakan rencana itu untuk merespons aktivitas pelaku pasar yang cenderung memasang harga saham di level rendah pada sesi pra-penutupan sehingga memengaruhi laju IHSG.

Menurut dia, praktik transaksi pada sesi itu banyak yang terjadi dengan tidak transparan, terutama pada saham-saham yang berkapitalisasi besar sehingga memengaruhi IHSG. (Ant)

Sumber Artikel

Sumber: infowarta.com