Home / berita / Darah Segar Usai Bercinta, Normal atau Berbahaya?

Darah Segar Usai Bercinta, Normal atau Berbahaya?

Tanya:

Selamat malam Dokter,
Dok, Kamis tanggal 17 saya haid, lalu tanggal 24 slesai. Kemudian tanggal 25 dan 26 sudah tidak ada darah lagi, dan pada tanggal 27 saya dan suami melakukan hubungan badan. Saat penetrasi beberapa kali, tiba-tiba keluar darah segar. Kemudian selesai berhubungan tidak ada darah sama sekali sampai tanggal 30. Lalu tanggal 31 mencoba berhubungan lagi, namun kejadian yang sama terulang lagi. Beberapa hari ini lubang dubur saya gatal sekali juga susah BAB. Apakah ini ada kaitannya dengan perdarahan yang saya alami? Saya sudah USG, dokter bilang normal, namun saya sangat disarankan untuk papsmear. Kira-kira saya mengidap penyakit apa, Dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

WW
 
Jawab:

Selamat malam Saudari WW,
Perdarahan yang keluar saat berhubungan seksual dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain infeksi pada leher rahim, polip pada leher rahim, infeksi pada vagina, kekeringan vagina, kurang lubrikasi saat foreplay, dan kanker leher rahim.

Bila perdarahan tersebut hanya berlangsung sebentar dalam jumlah sedikit dan frekuensinya sesekali saja, umumnya keluhan tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila keluhan ini berlangsung berulang, sebaiknya Anda melakukan papsmear untuk screening apakah ada kemungkinan kanker sebagai penyebabnya.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu.

Dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri
Sumber: http://meetdoctor.com

Suara.com – >

Sumber : Suara.com

Sumber: infowarta.com